Cara merawat hardisk dengan baik

Sobat Defas_Blogs kali ini saya bakal membuat artikel yang berjudul Cara merawat hardisk dengan baik, karena kemarin saya telah membuat artikel yang membahas tips lainnya seperti di atikel http://defas56.blogspot.com/2016/09/cara-merawat-ram.html dan berikut adalah artikel yang membahas Cara merawat hardisk dengan baik,,oke deh langsung saja berikut tips Cara merawat hardisk dengan baik.

Untuk pembahasan kali ini kita kan membahas sedikit cara merawat hardisk agar tidak sering ngehank ataupun erorr sebelum itu adakalanya kita mempelajari dulu tentang pengertian-pengertian dari komponen komputer atau kita juga bisa mengenal sistem komputer dan hardware
 Hard disk merupakan sebuah media penyimpanan data pada komputer maupun laptop, mungkin banyak diantara sobat yang sudah memahami pengertian dan fungsi dari harddisk. Tetapi siapakah yang tahu cara merawat harddisk secara benar agar tidak cepat bad sector. Karena harddisk merupakan media yang cukup penting dalam sebuah komputer karena semua system komputer kita semua tersimpan di harddisk. Jika hard disk sobat rusak entah itu mungkin kena virus, bad sector, maupun tidak terbaca oleh komputer dan lain sebagainya maka akan cukup merepotkan kita, iya kan??

Sebenarnya pada prinsip umum dari kerjanya harddisk memiliki sebuah piringan besi atau biasa disebut dengan (Platter) dengan penggerak motor yang bekerja dengan menggerakan sebuah head untuk melakukan proses input dan output sebuah data, dengan melalui proses kerja demikian membuat media yang satu ini sangat-sangat sensitif terhadap sebuah getaran atau benturan ketika sedang beroperasi, lain dari itu penyimpanan yang bertumpuk dan tak beraturan dapat menimbulkan terjadinya kerusakan pada Platter atau sering disebut dengan Bad Sector.
Berikut cara / tips2-tips merawat hardisk sobat
1. Tips dengan melakukan Defragment secara berkala
Defragment merupakan suatu proses dimana sebuah program yang berinduk pada operasi system komputer yang fungsinya untuk merapikan dalam suatu objek program yang sebelumnya telah teracak-acak, dengan menggunakan fasilitas defragment object dari program akan tertata rapi. Dan sekiranya akan membuat komputer sobat sedikit lega dan juga dapat mempercepat proses kerja komputer sobat.

Untuk melakukan defragment, sobat bisa menuju ke Drive C - klik kanan Properties - Pada menu properties pilih Tools lalu lihat menu Defragment now 




Proses defragment memakan waktu kurang lebih 1 sampai 3 jam-an tergantung dari kapasitas hard disk sobat. Tunggu sampai selesai, setidaknya dengan melakukan defragment komputer sobat sedikit ringan dan terjaga dari kerusakan.

2. Tips dengan melakukan Disk Clean Up
Disk Cleanup merupakan salah satu proses untuk membersihkan file-file sampah atau biasa disebut dengan file-file temporary yang sudah tidak terpakai, atau biasanya sisa-sisa dari file uninstall dari sebuah aplikasi.

Unutk melakukan Disk Clean Up sobat bisa menuju ke klik kanan Drive C - Properties - lalu pilih tab General - kemudian pilih Disk Cleanup 




Tunggulah sampai selesai, biasanya proses dari disk clean up memerlukan waktu kurang lebih 1 jam-an.

3. Tips Menjaga Kapasitas dari Hard Disk
Langkah ketiga ini merupakan langkah yang mudah yaitu sobat harus menyisakan 20% dari kapasitas hard disk agar kesehatan hard disk dapat terjaga dan agar hard disk dapat bekerja dengan ruang yang sedikit lega.
jangan terlalu banyak membebani hardisk dengan diisi file-file yang banyak dengan kapasitas yang besar

Setidaknya dengan mengikuti langkah -langkah diatas harddisk sobat dapat dicegah dari kerusakan.terima kasih semoga bermanfaat. defas blog


sekarang Anda sedang membaca artikel Cara merawat hardisk dengan baik di Defas_Blogs. Anda juga dapat membaca artikel lainnya seperti http://defas56.blogspot.com/2016/09/perbedaan-prosesor-amd-dan-intel.html atau http://defas56.blogspot.com/2016/09/cara-merawat-ram.html.

Semua artikel yang ada di Defas_Blogs adalah artikel pilihan yang sudah saya pilihkan untuk kamu...semoga artikel yang baru saja kamu baca bisa bermanfaat.

0 Response to "Cara merawat hardisk dengan baik"

Post a Comment